Pengembang prompt untuk penyusunan modul ajar ( Prompt Modul Ajar Pembelajaran Mendalam ) merilis pembaruan penting: v.23102025 . Pembaruan ini ditujukan untuk memperbaiki kegunaan, keselarasan kurikulum, dan kesiapan guru dalam menyusun modul ajar yang langsung dapat dipakai pada konteks sekolah menengah pertama (SMP) dan dapat dimodikasi untuk jenjang SD/SMA.
Pembaharuan v.23102025 menghadirkan beberapa perbaikan utama:
– Optimasi struktur dan tata bahasa agar output lebih konsisten dan lebih mudah diadaptasi oleh guru.
– Lebih banyak referensi yang bisa dijadikan sumber isi modul sehingga materi lebih kuat dan valid.
– Penambahan jumlah pertemuan (opsi alokasi pertemuan lebih banyak) untuk fleksibilitas pelaksanaan.
– Memasukkan konteks lokal (kearifan lokal, kondisi sekolah tanpa laboratorium, karakter peserta didik petani/nelayan).
– Integrasi ice-breaking dan aktivitas ice-breaking berbentuk paragraf standup comedy untuk melatih literasi/numerasi.
– Penyelarasan model dan pendekatan pembelajaran (mis. Deep Learning — Mindful, Meaningful, Joyful; Model: Problem Based Learning).
– Penambahan asesmen jurnal reflektif peserta didik sebagai bagian dari asesmen formatif dan dimensi profil lulusan.
– Mudah dimodifikasi: struktur yang dapat diedit memudahkan guru menyesuaikan modul sesuai kebutuhan lokal dan jumlah pertemuan.
Prompt yang dirancang dengan peran berikut menunjukkan keunggulan fungsional bagi proses penyusunan modul ajar:
1. Keselarasan Kurikulum & Kebijakan Resmi — Prompt memaksa integrasi CP (Capai Pembelajaran) terbaru (mis. CP_BSKAP No. 046/H/KR/2025) dan sumber-sumber pembelajaran sehingga modul memenuhi tuntutan kebijakan dan indikator capaian pembelajaran.
2. Integrasi Multi-sumber yang Sistematis — Instruksi eksplisit untuk menggabungkan 6 dokumen sumber (Modul_Contoh, Program_Tahunan, CP_Mapel, Pembelajaran_Mendalam, Buku_Mapel_1, Buku_Mapel_2) menghasilkan modul yang komprehensif: tujuan, materi, asesmen, dan alur pertemuan saling tersambung.
3. Fallback yang Aman — Jika file hilang, prompt menuntun sistem untuk melaporkan file yang tidak ada lalu menggunakan struktur “default” Modul_Contoh.docx. Ini mencegah kegagalan total dan memudahkan kelanjutan kerja.
4. Dapat berjalan dengan lancar di Gemini Ai , ChatGPT-5 , Copilot, dan Deepseek . Pada Copilot dan Deepseek, ada limitasi unggahan.
Dampak praktis pada kegiatan belajar-mengajar di SD/SMP/SMA
Guru mendapat modul siap pakai yang berisi RPPM (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mendalam) lengkap — dari identitas sampai daftar nilai — sehingga menghemat waktu persiapan. Sekolah di daerah sulit (mis. tanpa laboratorium, akses internet lambat) tetap bisa menerapkan modul karena ada alternatif luring dan aktivitas berbasis sumber daya lokal.
Penilaian menjadi lebih holistik: selain tes tertulis, ada produk (poster, proyek), presentasi, uji keterampilan, dan jurnal reflektif yang membantu mengukur perkembangan karakter dan dimensi profil lulusan. Modul ini memudahkan pembelajaran lintas-disiplin** (contoh: mengaitkan IPA dengan IPS, Matematika, Bahasa Indonesia) sehingga siswa melihat relevansi ilmu dalam kehidupan sehari-hari.
Cara Menggunakan Prompt
Bagi guru yang ingin mencoba, berikut langkah-langkah penggunaan:
1. Download file yang diperlukan dari tautan GDrive (Download FILE DAN PROMPT).
2. Sesuaikan file sesuai kebutuhan pembelajaran.
3. Edit prompt sesuai identitas dan topik modul ajar yang diinginkan. Lihat panduan edit prompt.
4. Unggah 6 file tersebut ke platform AI pilihan.
5. Masukkan prompt yang sudah disesuaikan.
6. Cek hasil output modul ajar yang dihasilkan.
Detil Prompt Modul Ajar Pembelajaran Mendalam v.23102025 ZamanNewsID
role:
Kamu adalah pengembang kurikulum dan penulis modul ajar Kurikulum Merdeka jenjang SMP yang berpengalaman dan profesional.sumber_unggahan:
Gunakan informasi dan prinsip dari 6 dokumen unggahan saya sebagai sumber utama :
1) Sumber1: “Modul_Contoh.docx” (dokumen acuan gaya/format)
2) Sumber2: “Program_Tahunan.docx” (Alur Tujuan Pembelajaran/Materi/fase/alokasi waktu)
3) Sumber3: “CP_Mapel.docx” (dokumen CP BSKAP No. 046/H/KR/2025)
4) Sumber4: “Pembelajaran_Mendalam.pdf” ( referensi utama penerapan Pembelajaran Mendalam )
5) Sumber5: “Buku_Mapel_1.pdf” (uraian materi & contoh)
6) Sumber6: “Buku_Mapel_2.pdf” (uraian materi & contoh)integrasi_dokumen:
Integrasikan seluruh isi dokumen untuk memastikan keselarasan antara CP, Topik, Tujuan Pembelajaran , Uraian Materi , dan asesmen.Ketentuan fallback:
Jika salah satu file tidak tersedia, laporkan file mana yang hilang dan lanjutkan dengan asumsi ‘default’ dari Modul_Contoh.docx. Jika ‘Modul_Contoh.docx’ juga tidak ada, gunakan struktur standar A–J yang tercantum di bawah.tugas_utama:
Tugasmu adalah menyusun modul ajar lengkap dan siap digunakan guru SMP berdasarkan format, struktur, dan gaya penulisan seperti dokumen Sumber1: “Modul_Contoh.docx”.instruksi_pembuatan_modul:
metadata_template:
Judul : Suhu Dan Kalor
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Fase / Semester: VII / D / Ganjil
Alokasi Waktu: 160 menit x 9 pertemuan
Jumlah Pertemuan : 9 Pertemuan
Pendekatan : Deep Learning (Mindful, Meaningful, Joyful Learning)
Model Pembelajaran : Problem Based Learningstruktur_dan_format_output:
Struktur dan Format Output (harus sama seperti “Modul_Contoh.docx”) seperti berikut :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENDALAM
A. IDENTITAS RPPM
(Nama sekolah : — , nama penyusun : — , NIP : — , Mata Pelajaran : — , fase : — , kelas : —, semester : — , tahun pelajaran : — )
B. IDENTIFIKASI KESIAPAN PESERTA DIDIK
Pengetahuan awal
Minat
Latar belakang
Kebutuhan belajar (visual, auditori, kinestetik)
C. KARAKTERISTIK MATERI PELAJARAN
Jenis pengetahuan (konseptual, prosedural)
Relevansi kehidupan nyata
Tingkat kesulitan
Struktur materi
Integrasi nilai & karakter
D. DIMENSI PROFIL LULUSAN
(Keimanan, Kemandirian, Gotong royong, Bernalar kritis, Kreativitas, Kewargaan, Kesehatan, Komunikasi . Pastikan tidak ada penggunaan istilah Profil Pelajar Pancasila karena sudah direvisi. Pilih 3 dimensi paling relevan lalu beri keterangan “dipilih”)
E. DESAIN PEMBELAJARAN
Capaian Pembelajaran (mengacu pada CP terbaru BSKAP 046/H/KR/2025)
Lintas disiplin ilmu (misal: IPS – Matematika – Bahasa Indonesia )
Tujuan Pembelajaran (untuk setiap pertemuan)
Topik Pembelajaran (deskripsi singkat materi)
Praktik Pedagogis ( pendekatan Pembelajaran, Model Pembelajaran , Metode Pembelajaran , Strategi Diferensiasi Konten Proses Produk )
Kemitraan Pembelajaran (sekolah, masyarakat, komunitas )
Lingkungan Belajar (fisik, virtual, budaya belajar )
Pemanfaatan Digital (forum daring, media digital, kuis interaktif, publikasi )
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Buat minimal 4 pertemuan (sesuai alokasi waktu) lengkap, setiap langkah pembelajaran tulis dengan alokasi waktu :
Pendahuluan (Salam, doa, apersepsi, pertanyaan pemantik, tujuan . Pastikan semua pertemuan memiliki detail pendahuluan. Sisipkan kegiatan menghafal daftar 5 kosakata IPA dengan metode mnemonic bridge atau akronim. )
Kegiatan Inti (detail kegiatan siswa dan guru sesuai sintaks model pembelajaran yang digunakan . Kolom: Sintaks, Kategori Pengalaman Belajar Memahami/Mengaplikasi/Merefleksi, Kegiatan Guru dan Peserta Didik, Keterangan Mindful/Meaningful/Joyful, Alokasi waktu. Pastikan semua pertemuan memiliki detail sintaks model pembelajaran. Sisipkan 2 ice breaking masing-masing berupa sebuah paragraf standup comedy untuk mengembangkan literasi dan numerasi )
Penutup (Refleksi, rangkuman, tindak lanjut , penugasan eksplorasi materi dari buku atau aplikasi artificial intelligence , doa penutup. pastikan semua pertemuan memiliki detail penutup)
Lembar Kerja Peserta Didik – LKPD (Judul Topik , Tujuan Pembelajaran , Uraian Teori , aktifitas peserta didik sertakan alat dan bahan , pertanyaan diskusi , refleksi)
G. ASESMEN PEMBELAJARAN
Asesmen Diagnostik (kuis awal, sertakan soal dan rubrik penilaian)
Asesmen Formatif (LKPD, produk siswa , sertakan rubrik penilaian)
Asesmen Dimensi Profil Lulusan (rubrik penilaian untuk 3 dimensi profil lulusan dipilih)
Asesmen Jurnal Reflektif Peserta Didik (rubrik penilaian jurnal refleksi peserta didik )
Asesmen Sumatif (laporan proyek, poster/infografis, uji keterampilan, presentasi, tes tertulis , sertakan rubrik penilaian)
H. KISI-KISI SOAL
Kisi-kisi bentuk tabel untuk 15 soal High Order Thinking Skill pilihan ganda dan 5 soal esai disertai pembahasan (pastikan dibuat lengkap memuat : nomor, indikator soal sesuai tujuan pembelajaran pertemuan 1-4 , level kognitif , soal , opsi jawaban, kunci jawaban / pembahasan , tanpa memuat alasan HOTS).
I. PENGAYAAN DAN REMIDIAL
Pengayaan (buat 10 pertanyaan esai dengan level kognitif Bloom C4 – C6 , disertai pembahasan)
Remidial (buat 10 pertanyaan esai dengan level kognitif Bloom C1 – C3 , disertai pembahasan)
J. JURNAL GURU, KETIDAKHADIRAN, KRITIK SARAN, DAN DAFTAR NILAI
Jurnal Guru (bentuk tabel dengan Kolom: Pertemuan Ke, Model Pembelajaran, Kelebihan, Kekurangan, Tindak Lanjut)
Peserta Didik Tidak Hadir (bentuk tabel dengan Kolom: Pertemuan Ke, PD Tidak Hadir, Keterangan, Tindak Lanjut)
Saran Dan Kritik Peserta Didik (bentuk tabel dengan kolom: Pertemuan Ke, Saran dan Kritik)
Daftar Nilai Peserta Didik (bentuk tabel dengan kolom: Nomor , Nama Peserta Didik, Nilai)pedoman_penulisan:
Gunakan bahasa formal dan komunikatif khas guru SMP.
Gunakan konteks kehidupan nyata Indonesia khususnya wilayah Nusa Tenggara Timur.
Gunakan konteks sekolah yang tidak memiliki laboratorium dan tidak memiliki akses internet cepat.
Gunakan konteks karakteristik peserta didik 50% dari keluarga petani dan 50% dari keluarga nelayan.
Sertakan unsur dimensi profil lulusan di setiap bagian.
Buat struktur rapi dengan heading, poin, dan subbagian yang jelas.
Gunakan format tabel jika diperlukan.
Gunakan istilah “dimensi profil lulusan” — jangan gunakan istilah Profil Pelajar Pancasila.
Semua rubrik gunakan skala 1–4 (1: kurang, 4: sangat baik).
Untuk setiap kegiatan yang memerlukan internet sediakan dua versi: (jika internet tersedia) dan (tanpa internet — alternatif offline).perintah_akhir:
Buatkan modul ajar lengkap, detail dan siap pakai .
Kerjakan output secara teliti dan bertahap.
Kerjakan modul bagian A-E terlebih dahulu, kemudian lanjutkan bagian F pertemuan 1-2 , lalu lanjutkan pertemuan 3-4 , lalu lanjutkan pertemuan 5-6 (jika tidak ada lewati) , lalu lanjutkan pertemuan 7-8 (jika tidak ada lewati), lalu lanjutkan pertemuan 9-10 (jika tidak ada lewati) , lalu lanjutkan bagian G , lalu lanjutkan bagian H , lalu lanjutkan bagian I, lalu lanjutkan bagian J.validation_check:
Sebelum menampilkan hasil, lakukan pemeriksaan otomatis terhadap:
1. Urutan A–J lengkap dan konsisten.
2. Semua tabel minimal memiliki 3 kolom, kecuali tabel di bagian A .
3. Semua rubrik menggunakan skala 1–4.
4. Setiap bagian F memiliki 3 tahapan (Pendahuluan, Inti, Penutup).
5. Semua istilah “Profil Pelajar Pancasila” diganti menjadi “Dimensi Profil Lulusan”.
6. Semua kegiatan daring memiliki versi luring.
7. Jika ada kekurangan format, perbaiki otomatis sebelum menampilkan hasil akhir.
Panduan Modifikasi Prompt :
1. Cara Mengubah Jenjang ke SMA : Mulai dengan mengedit kata “SMP” ganti dengan “SMA”, bisa dengan bantuan CTRL+F.
Ganti isi file referensi sesuai jenjang,
2) Sumber2: “Program_Tahunan.docx” (Alur Tujuan Pembelajaran/Materi/fase/alokasi waktu)
3) Sumber3: “CP_Mapel.docx” (dokumen CP BSKAP No. 046/H/KR/2025)
5) Sumber5: “Buku_Mapel_1.pdf” (uraian materi & contoh)
6) Sumber6: “Buku_Mapel_2.pdf” (uraian materi & contoh)
2. Cara Mengubah ke Mata Pelajaran Lain :
Ganti isi file referensi sesuai mata pelajaran,
2) Sumber2: “Program_Tahunan.docx” (Alur Tujuan Pembelajaran/Materi/fase/alokasi waktu)
3) Sumber3: “CP_Mapel.docx” (dokumen CP BSKAP No. 046/H/KR/2025)
5) Sumber5: “Buku_Mapel_1.pdf” (uraian materi & contoh)
6) Sumber6: “Buku_Mapel_2.pdf” (uraian materi & contoh)
Lakukan penyesuaian prompt pada,
instruksi_pembuatan_modul:
metadata_template:
Judul : Suhu Dan Kalor
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Fase / Semester: VII / D / Ganjil
Alokasi Waktu: 160 menit x 9 pertemuan
Jumlah Pertemuan : 9 Pertemuan
Pendekatan : Deep Learning (Mindful, Meaningful, Joyful Learning)
Model Pembelajaran : Problem Based Learning
Cara Mengubah Macam Ice Breaking dan Kegiatan Sisipan:
Lakukan penyesuaian prompt pada bagian;
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Buat minimal 4 pertemuan (sesuai alokasi waktu) lengkap, setiap langkah pembelajaran tulis dengan alokasi waktu :
Pendahuluan (Salam, doa, apersepsi, pertanyaan pemantik, tujuan . Pastikan semua pertemuan memiliki detail pendahuluan. Sisipkan kegiatan menghafal daftar 5 kosakata IPA dengan metode mnemonic bridge atau akronim. )
Kegiatan Inti (detail kegiatan siswa dan guru sesuai sintaks model pembelajaran yang digunakan . Kolom: Sintaks, Kategori Pengalaman Belajar Memahami/Mengaplikasi/Merefleksi, Kegiatan Guru dan Peserta Didik, Keterangan Mindful/Meaningful/Joyful, Alokasi waktu. Pastikan semua pertemuan memiliki detail sintaks model pembelajaran. Sisipkan 2 ice breaking masing-masing berupa sebuah paragraf standup comedy untuk mengembangkan literasi dan numerasi )
Penutup (Refleksi, rangkuman, tindak lanjut , penugasan eksplorasi materi dari buku atau aplikasi artificial intelligence , doa penutup. pastikan semua pertemuan memiliki detail penutup)
Lembar Kerja Peserta Didik – LKPD (Judul Topik , Tujuan Pembelajaran , Uraian Teori , aktifitas peserta didik sertakan alat dan bahan , pertanyaan diskusi , refleksi)
Cara Mengubah Konteks wilaya, konteks sekolah, dan karakteristik peserta didik:
Lakukan penyesuaian prompt pada bagian;
pedoman_penulisan:
Gunakan bahasa formal dan komunikatif khas guru SMP.
Gunakan konteks kehidupan nyata Indonesia khususnya wilayah Nusa Tenggara Timur.
Gunakan konteks sekolah yang tidak memiliki laboratorium dan tidak memiliki akses internet cepat.
Gunakan konteks karakteristik peserta didik 50% dari keluarga petani dan 50% dari keluarga nelayan.
Jika masih ada pertanyaan lainnya bisa bertaanya di kolom komentar atau menghubungi tim pengembang di Whatsapp 0851 7506 5749 .


















